Ini Dia Sister City Indonesia-Belanda

Sister city (twin city, kota kembar, atau kota bersaudara) adalah kerjasama antarkota atau provinsi antara dua negara untuk peningkatan perekonomian, promosi budaya, dan menjalin kerjasama di berbagai bidang secara erat.

Kota kembar biasanya memiliki kesamaan dalam hal demografi atau permasalahan yang dihadapi. Perjanjian sister city sendiri memiliki jangka waktu yang berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan bersama. Nah, ternyata hingga saat ini setidaknya ada 6 kota di Indonesia dan Belanda yang menjadi sister city, yaitu:


1. Jakarta – Rotterdam

Jakarta dan Rotterdam memiliki kesamaan sebagai kota pelabuhan, juga dialiri banyak sungai dan kanal banjir. Rotterdam berada 5 meter di bawah permukaan laut, namun berkat kemajuan teknologi yang dimiliki, Rotterdam tetap aman dari ancaman banjir maupun meluapnya air laut.

Sedangkan Kota Jakarta meski berada 0,5 – 1 meter di bawah permukaan laut, namun karena terbatasnya teknologi dan perilaku masyarakatnya, menyebabkan banjir masih menjadi ancaman serius.

Kerjasama kedua kota di periode 2011-2012 fokus pada manajemen air dan penanggulangan banjir. Rotterdam akan memberikan masukan dalam hal penanganan masalah banjir di Jakarta.

2. Ambon – Vlissingen

Ambon merupakan kota pelabuhan yang terkenal. Pada 1610 Ambon pernah dijadikan pusat VOC. Sementara Vlissingen, juga dikenal sebagai kota pelabuhan. Pada abad 17, Vlissingen adalah pelabuhan utama bagi VOC. Kota ini adalah tanah kelahiran Michiel de Ruyter, laksamana terkenal Belanda.

Pemkot Vlissingen membantu mendistribusikan hasil perikanan dari Ambon dan membantu program pengelolaan sampah berkelanjutan berbasis masyarakat di Ambon.

3. Banda Aceh – Apeldoorn

Kota Banda Aceh merupakan pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya di Provinsi Aceh. Sedangkan Apeldoorn merupakan sebuah kota di Provinsi Gelderland, 60 mil tenggara Amsterdam.

Kerjasama kedua kota ini dimulai pasca terjadinya tsunami di Aceh. Bentuk kerjasamanya antara lain pihak Pemkot Apeldoorn membantu dalam hal pengelolaan sampah di Banda Aceh.

4. Kepulauan Aru – Urk

Kabupaten Kepulauan Aru dan Kota Urk memiliki sejumlah kesamaan. Urk merupakan kota pantai, memiliki pelabuhan dan infrastruktur kuat sebagai pusat distribusi ikan terbesar di Eropa, banyak perusahaan pembuatan kapal, unggul dalam industri pemrosesan ikan, serta obyek wisata.

Kepulauan Aru juga kota pantai. Masyarakatnya bekerja di sektor perikanan dan hasil-hasil laut (mutiara, rumput laut, dan kerang). Kerjasama yang dilakukan adalah pemasaran produk perikanan dan hasil laut dari Aru ke Urk dengan memanfaatkan peran Urk sebagai pusat distribusi ikan terbesar di Eropa, serta alih teknologi penangkapan, penyimpanan, dan pengolahan ikan.

5. Karo – Zundert

Kedua kota ini sama-sama merupakan daerah agribisnis. Karo adalah penghasil berbagai buah dan bunga. Sedangkan Zundert, pengekspor strawberry terbesar untuk kota-kota di Belanda dan sekitarnya. Kerjasama dilakukan dalam bidang lingkungan, kesehatan, pariwisata, serta transfer teknologi pertanian.

6. Palembang – Den Haag

Leave a comment